Portofolio

IT adalah Bisnis Kami

Silahkan menelusuri menu kami untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu bisnis Anda berkembang.

Our Artikel

  • Hindari 5 Kesalahan Umum Berbisnis Online
    Post Date : 29-Aug-2013
    Pondokmedia.com - e-commerce atau situs jual beli online menjadi salah satu media paling popular yang sering dimanfaatkan para pelaku bisnis online. Siapa saja dapat melakukan transaksi jual beli pada situs tersebut tanpa dipungut biaya. 

    Tidak sedikit pelaku bisnis yang melakukan kegiatan penjualan melalui situs jual beli online, sayangnya tidak sedikit para penjual yang tidak mampu memaksimalkan fasilitas yang telah disediakan dengan baik sehingga berakibat pada kurang optimalnya profit yang diperoleh. 
    Kelihatannya menjalankan penjualan secara online memang gampang. Namun, jika tidak mampu memaksimalkan apa yang telah disediakan dengan baik, bisa jadi yang diperoleh justru sebaliknya, yakni tingginya angka complain dan minimnya angka keuntungan. Jadi, mari hindari 5 kesalahan umum yang kerap dilakukan para penjual dalam memasarkan produknya:

    1.Foto produk tidak jelas
    Tidak sedikit pembeli yang mangambil gambar produk dari jarak jauh sehingga focus gambar semakin kabur. Ketidakjelasan gambar produk dapat mempengaruhi daya tarik konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Ingat bahwa gambar merupakan satu-satunya media yang menghubungkan konsumen dengan produk asli. 

    2.Tidak mendeskripsikan produk secara detail
    Penulisan deskripsi produk memang terlihat sepele. Namun jika dilakukan dengan baik akan mampu memompa keinginan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Oleh karena itu sebaiknya selalu deskripsikan produk dengan sedetail-detailnya sehingga konsumen semakin berminat untuk membeli. 

    3.Barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan gambar produk
    Penjual memang diharuskan menampilkan gambar yang menarik dari produk yang dijual. Namun, bukan berarti penjual diperbolehkan untuk “menipu” pembelinya dengan memalsukan gambar. Jadi sebaiknya tampilkan foto produk apa adanya namun tetap memperhatikan sisi estetika dan kejelasan focus saat menggambil gambar. Hindari pemalsuan foto karena ini hanya akan menyebabkan bisnis online Anda merugi atau bahkan gulung tikar. 

    4.Tidak melakukan pembaharuan status ketersediaan produk
    Tidak sedikit penjual yang melalaikan pembaharuan status ketersediaan barang. Hal ini ebrakibat pada kekecewaan calon pembeli. Segera pasang status ‘sold out’ jika produk yang ditawarkan memang telah terjual. 

    5.Lama merespon pertanyaan pembeli 
    Penjual dituntut untuk proaktif menanggapi pertanyaan calon pembeli. Apabila penjual cenderung lambat dalam merespon pertanyaan calon pembeli akan mengakibatkan calon pembeli beralih pada toko lain yang memberikan pelayanan lebih memuaskan. 

    Sumber: netpreneur.co.id