Portofolio

IT adalah Bisnis Kami

Silahkan menelusuri menu kami untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu bisnis Anda berkembang.

Our Artikel

Ulasan Mengenai Penggunaan Google Trends Buat Ningkatin Penjualan Kamu
Post Date : 12-Aug-2022

Seperti yang sudah dibahas kemarin dalam artikel ini, … kali ini saatnya membahas cara menggunakan tools yang bernama Google Trends untuk semakin mengangkat penjualan bisnis kamu di internet.

Seolah Google mengetahui bahwa riset pasar buat jualan online itu sangat penting maka ia menyediakan sebuah alat bernama Google Trends yang sangat membantu dalam hal riset apapun, termasuk riset pasar.

Jadi, rugi banget kalau kamu tidak memanfaatkan tools ini dengan baik dan benar.

Berikut yang bisa kamu lakukan ketika ingin melakukan riset pasar dengan menggunakan Google Trends.

Buka Laman Google Trends

Ketik aja kata “Google Trends” di halaman pertama paling atas pasti kamu sudah akan menemukanya. Tinggal kamu klik dan selamat datang di Google Trends. Sebuah kumpulan data yang dioleh sedemikian rupa sehingga memudahkan kita untuk mengetahui seberapa menarik perhatian suatu topik atau apapun bagi pengguna Google.

Jangan lupa untuk mengatur settingan negara di pojok kanan atas. Pilih negara mana yang menjadi targetmu. Tentu saja untuk dalam negeri kita bisa memilih negara Indonesia. Namun untuk kamu yang barangkali sedang menarget suatu negara tertentu selain Indonesia, tenang saja karena sebagian besar sudah ada di sini.

Saatnya Cari Kata Kunci

Selanjutnya cari kata kunci atau keyword yang menggambarkan produk atau hal yang akan kamu riset. Misalnya kamu ingin jualan daster, ketik aja kata “daster” di kolom yang tersedia seperti gambar di bawah ini.

Membaca Grafik Google Trends

Setelah kamu “enter” akan muncul sebuah grafik di sana. Di sinilah kemampuan kamu dalam membaca grafik diperlukan. Kamu harus cukup teliti dan jeli dalam menganalisa grafik. Luangkan waktu untuk mempelajari hal ini dengan baik. Terutama bagi kamu yang masih belum terbiasa membaca grafik. Kecuali kamu sudah terbiasa dengan grafik.

Dari grafik itulah nantinya kita bisa mengetahui apakah kata “daster” tadi memiliki peminat yang banyak atau sedikit. Apakah mengalami kenaikan tren atau tidak.

Menganalisis Minat Berdasarkan Daerah

Selain melihat grafik tadi, kamu juga bisa melihat daerah mana saja yang memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi. Seperti pada gambar berikut, provinsi Jawa Tengah menduduki peringkat pertama, dan seterusnya. Ini sangat berguna dalam banyak hal. Salah satunya jika kamu ingin membuat iklan dan bingung daerah mana yang spesifik ingin ditarget.

Melakukan Perbandingan Dengan Keyword Lain

Nah ini yang paling menarik. Kamu bisa melakukan riset lebih dari satu kata kunci, sekaligus melakukan perbandingan diantaranya.

Sekali lagi, sangat penting kemampuanmu dalam membaca grafik. Kamu harus teliti dan jeli. Di sini Google sudah menyediakan data yang kamu butuhkan. Tinggal kemampuanmu mengolah data tersebut yang diperlukan.

Data ini bisa menjadi sangat berharga bagi yang bisa membacanya. Namun bagi yang tidak, itu bisa tidak ada artinya. Namun, kemampuan membaca data saja juga tidak ada artinya tanpa data yang baik. Maka dalam hal ini, Google sudah selayaknya dapat dipercaya sebagai penyedia data yang valid dan tinggal bagaimana kita memanfaatkanya.

Bagi kamu yang ingin konsultasi seputar dunia digital marketing, Tim kami dari Pondokmedia siap membantu anda. Dengan pengalamanya yang sudah lebih dari 20 tahun, kami pun sudah melayani banyak klien kami yang bisa kamu cek di sini.

Jadi jangan ragu untuk menghubungi kami